Mengenal Juz Diri Dalam alquran (Bag. 1)



Setelah meneliti beberapa lama Bpk Agus Suyatman berhasil mengolah dan menganalisa karakter atau potensi dasar yang dimiliki manusia berdasarkan pendekatan Juz di dalam alquran. Alquran tidak saja sebagai kitab suci dan juga mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW tetapi kitab yang diturunkan Alloh SWT ini mampu juga dijadikan sebagai salah satu rujukan didalam menganalisa kepribadian/potensi dasar setiap manusia dengan mengkombinasikan tanggal,bulan dan tahun kelahiran serta analisa setiap surat di dalam setiap juz, maka dapat di ambil kesimpulan yg dapat dijadikan rujukan dlm menilai potensi dan karakter manusia.

Setiap manusia memiliki satu Juz di dalam Alquran yg mampu menggambarkan karakter, dan juga dapat pula digunakan dlm upaya pengembangkan daya energy Alquran utk penyembuhan berbagai macam penyakit. Setiap Juz di dalam Alquran biasanya memiliki 13- 14 ain (tanda berhenti) setiap ain ini apabila dibaca memiliki daya penyembuhan penyakit, antara lain sbb:

Ain 1. Utk Pengobatan Kepala
Ain 2. Utk Pengobatan Mata
Ain 3. Utk Pengobatan THT & Mulut
Ain 4. Utk Pengobatan Tulang & Rangka
Ain 5. Utk Pengobatan Tangan
Ain 6. Utk Pengobatan Sendi & Syaraf
Ain 7. Utk Pengobatan Paru-paru
Ain 8. Utk Pengobatan Darah & Jantung
Ain 9. Utk Pengobatan Liver & Hati
Ain 10. Utk Pengobatan Pencernaan
Ain 11. Utk Pengobatan Pusar (Pusat energy)
Ain 12. Utk Pengobatan Kelamin
Ain 13. Utk Pengobatan Kaki
(potensi penyembuhan setiap Ain tdk ditulis di buku)

Mari kita lihat apa saja karakter dari masing-masing Juz :
Karakter/Potensi Dasar Juz 1
  1. Memiliki visi yang jauh ke depan (Alfatehah)
  2. Tipikal pekerja keras dan tahan banting (Albaqoroh)
  3. Mudah terjebak merasa tinggi atau kesalahan di dalam mengambil keputusan (Alaraf)
  4. Memiliki kemampuan bersosialisasi yang tinggi/team work (Annaml)
  5. Tipikal suka mengexplorasi dan meneliti,umumnya menyukai iptek (Saba)
  6. Memiliki obsesi yang kuat untuk bermanfaat di masyarakat dan menjadi pelindung keluarga,kata-katanya tajam (Annahl)
  7. Tipikal penakluk baik itu hobi, ilmu dan sebagainya jika tak terkendali sangat ambisius dan sulit mengalah (Alfath)

Secara umum-model orang Juz satu mempunyai ciri khas dan karakter dasar yang menonjol pada visinya yang jauh, pekerja keras-bahkan mungkin mampu bekerja di bawah tekanan. Selain itu ia sangat pandai bersosialisasi serta menyukai eksplorasi atau segala bentuk inovasi teknologi yang terbaru,biasanya kecendrungan pada bidang iptek sangat tinggi.

Potensi dasar lainnya adalah bertipe penakluk artinya jika ia menyukai/menginginkan ilmu atau hobi maka ia akan kejar ilmu/hobi tersebut sampai ia menaklukannya/menguasai. Akibat positif atau negatifnya tergantung dengan ilmu atau hobi yang disukainya, oleh karena itu perlu diarahkan.

Secara matematis manusia/anak yang berjuz satu berpeluang besar menjadi org yang sukses, bisa dilihat dari berbagai potensi/karakter yang dimilikinya, sedangkan kekurangan yang utama adalah mereka mudah bosan, jika kebuntuan menghadang ia cepat menyerah, mudah terjebak dalam kesombongan.
Baca juga : Juz Diri 2  di sini

Ahmad Ginanto
(Disarikan dari Buku Quranic Power-karya Agus Suyatman)

Comments

  1. Maaf, apa benar penemunya Bpk Agus Suyatman, karena yg saya tahu yg telah menemukan kajian berdasarkan numeric alquran adalah Bpk. Soemabrata, saya punya fotocopy pola-pola alquran dari buku aslinya.

    ReplyDelete
  2. Saya mempunyai buku tentang juz diri ini karangan bpk Agus suyatman Mas, masalah siapa penemunya saya tidak tahu, saya hanya mensarikan dari buku yg saya beli, dan beliau juga melakukan pelatihan dan ceramah ttg menentukan juz diri ini dan beliau ini sudah mendirikan suatu lembaga pelatihan ini , kalo berkaitan dgn kajian numeric alquran saya kira indonesia ini cukup tertinggal, sayangnya buku itu ada di rumah saya di jkt, jadi saya tdk bisa menulis detailnya...

    ReplyDelete
  3. Kalo pengen tau ayat/juz diri kita gmana cara nya yaa?

    ReplyDelete
  4. saya belum sempat nulis caranya mas, tapi kalo mau saya cari, silahkan kirim data kelahiran sampeyan mas, insyaallah nanti sy hitungin...thx

    ReplyDelete
  5. [...] Pada kesempatan ini Saya akan menyampaikan potensi dan karakter orang yang memiliki Juz dirinya adalah dua, bagi saudara yang belum membaca mengenai potensi diri pada juz pertama, anda dapat membacanya di sini. [...]

    ReplyDelete
  6. penemu juz bisa kita lihat mana buku tersebut lebih dulu ditulis pak agus atau pak lukman abdul qohar soemabrata . lsaya pegang buku pak lukman sedangkan pak agus saya belum tahu

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum.. mohon kalau boleh saya juga mau tahu juz diri saya.. saya tanggal 18 september 1978, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum, kalau 29 september 1976? apakah juzuknya?

    ReplyDelete
  9. Mas saya 14 agustus 1988 tolong mas ya

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mimpi bertemu Waliyullah (Tanya Jawab)

ASMA ROSUL NUR MUHAMMAD SAW...

Doa Tolak Bala/Santet...