Doa Bagi Para Pekerja dan Pedagang Agar Mendapat Keberkahan

Bismillahirohmanirrohim

Assalamualaikum wr. wb.
Dalam kehidupannya manusia diperintahkan oleh Allah SWT. Untuk mencari nafkah baginya maupun bagi keluarganya, entah sebagai pekerja ataupun sebagai seorang wirausahawan.Dalam konteks ini, bekerja atau wirusaha, tidak dapat kita pastikan akan selalu berhasil atau berjalan tanpa hambatan. Seorang muslim yang baik selalu menggantungkan harapannya hanya kepada Allah SWT, sehingga keberhasilan atau kegagalan tersebut tidak membuatnya lupa daratan atau putus harapan. Islam mengajarkan kepada umatnya melalui para ulama beberapa doa yang menyertai usaha kita dalam bekerja maupun berwirausaha. Adapun doa-doa nya adalah sebagai berikut :

Doa Menghadapi pekerjaan yang berat.

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi wa’ tashamtu billahi wa fawwadhtu amri ilallah. Hasbiyallah wa ni’mal wakil wala haula wala quwwata illa billahil-‘aliyyil ‘azhim

Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, aku berpegang teguh kepada Allah, dan aku menyerahkan urusan-urusanku kepada Allah, Cukuplah Allah bagiku dan Dia-lah sebaik-baik penolong. Dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin AllaH, Yang Maha Tinggi dan Maha besar.
Doa ketika sukar menyelesaikan suatu urusan atau pekerjaan

Allahumma la Sahla ill ma ja’altahu sahla wa Anta taj’alul-hazana sahlaidza syi’ta
Ya Allah sesunguhnya tak ada yang mudah melainkan yang Engkau jadikan mudah. Dan Engkaulah yang menjadikan belukar, tanah yang datar, apabila Engkau kehendaki.

Menurut riwayat Ibnu Sunni, Rasulullah saw. Membaca doa ini bila menghadapi suatu kesukaran.

Dzikir ketika mengalami kesukaran hidup

Bismillahi ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radhdhini biqadha-ika wa barik li fima quddira li hatta la uhibba ta’jila ma akhkharta wa ta’khira ma’ajjalta
Dengan Nama Allah, untuk bdiriku, hartaku, dan agamaku. Wahai Tuhankuberikanlah kepadaku keridhaan atas ketetapan-Mu dan berkahilah segala yang diberikan kepadaku supaya aku tidak suka mempercepay yang Engkau lambatkan dan tidak suka melambatkan apa yang engkau cepatkan.

Menurut Ibnu Sunni, Rasulullah bersabda,”Barangsiapa mengalami kesukaran penghidupan,hendaklah ia membaca dzikir ini setiap setiap keluar dari rumahnya. (Al Adzkar : 57).

Doa untuk melunasi hutang

Allahummakfini’ bihalalika ‘anharamika wa aghnini bifadhlika ‘amman siwak
Ya Allah cukupkanlah aku dengan barang yang halal di sisi-Mu daripada yang haram di sisi-Mu dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari selain-Mu.

Apabila anda telah melunasi hutang tersebut, ucapkanlah kepada yang memberi hutang, Barakallahu ta’ala laka fi ahlika wa malika (Semoga Allah  Ta’la memberikan berkah untukmu pada keluargamu dan hartamu).

Doa pembuka 70 pintu rezeki

Diriwayatkan dalam sebuah hadist, “Barangsiapa membaca surah Yasin sebanyak tujuh kali dan dirutinkannya, Allah akan membukakan baginya tujuh puluh pintu rezeki.”

Adapun tatacaranya selain membaca surat Yasin sebanyak tujuh kali, sebaiknya secara bersamaan (berurutan) dibaca pula, surat Al-fath (7x), Al-Waqiah (1x), surat Al-Mulk (1x), surat Al-insyirah/alam nasyrah ( 1x). Insyaallah akan tercapai apa yang diinginkan.

Doa agar sukses dalam berdagang (berbisnis)

Allahumma Ya Ghaniyyu Ya Mughni, aghnini bihalalika an haramika wa aghnini bifadhlika amman siwaka wa Anta Khairur-Raziqin.
Ya Allah, Wahai Yang maha Kaya, Wahai Yang Maha Mengkayakan, kayakanlah aku dengan yang halal dan tercegah dari yang haram; kayakanlah aku dengan karunia-Mu daripada selain-Mu, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki. (Doa ini dibaca sebanyak sebelas kali sesudah melaksanakan shalat fardhu).

Doa untuk orang yang meminjamkan modal usaha kita

Barakallahu laka fi ahlika wa malika innama jaza-us-salafil hamdu wal-ada
Semoga Allah melimpahkan berkah kepadamu dalam keluarga dan hartamu. Sesungguhnya balasan member pinjaman adalah pujian dan pelunasannya.

Doa agar terhindar dari kerugian bisnis

Allahumma la thayra ila thayruka wa la khayra illa khayruka wa la ilaha illa ghayruka.
Ya Allah, tidak ada kesialan kecuali kesialan yang telah Engkau tentukan dan tidak ada kebaikan kecuali kebaikan-Mu, serta tiada Tuhan yang patut disembah selain Engkau.

Doa Syukur saat berhasil dalam bisnis

Rabbi auzi’ni an asykura ni’matakallati an’ amta ‘alayya wa ‘ala walidayyawa an a’mala shalihan tardhahu wa adkhilni birahmatika fi ibadikash-shalihin
Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

Doa ketika mengalami kegagalan dalam bisnis

Allahumma inni abduka wabnu abdika wabnu amatika, nashiyati biyadika, madhin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qadha-uka. As-aluka bikullismin huwa laka, sammaita bihi nafsaka, aw anzaltahu fi kitabika aw ‘allamtahu ahadan min khalqika awista’tsarta bihi fi ‘ilmilghaybi  ‘indaka an taj-alal-qur’ana rabi’a qalbi wa nura shadri wa jala-a huzni wa dzihaba hammi.

Ya Allah sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak hamba-Mu (ayah) dan anak hamba-Mu (ibu). Ubun-ubunku berada di tangan-Mu ketetapan-Mu jatuh kepadaku, keputusan-Mu kepadaku adalah adil. Aku mohon kepada-Mu dengan segenap nama yang Engkau namakan untuk diri-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu. Atau yang engkau ajarkan kepada seseorang dari makhluk-Mu atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu ghaib  di sisi-Mu. Jadikanlah Alquran sebagai penentram hatiku, cahaya di dadaku, pelenyap duka dan kesedihanku.

Nah itulah beberapa doa yang dianjurkan dibaca bagi para pekerja maupun wirausahawan, agar berkah dan dimudahkan pekerjaan dan usahanya. amiin.


Wallahu a'lam
Wassalammualaikum wr. wb.
Sumber Majalah Alkisah dan dari berbagai macam sumber
Jakarta, 14 Juni 2013
Achmad Ginanto

Comments

  1. mohon ijin buat mengamal kan

    saya jga minta dukunganya supaya saya succes

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mimpi bertemu Waliyullah (Tanya Jawab)

ASMA ROSUL NUR MUHAMMAD SAW...

Doa Tolak Bala/Santet...