Seri Asmaul Husna : Ar-Rahman (Yang Maha Pemurah)




Penulis : Achmad Ginanto



Bismillahirohmanirrohim
Assalamualaikum wr. wb.

http://th05.deviantart.net/fs71/200H/f/2012/032/9/4/ar_rahman_by_charches-d4oau3d.jpgAr-Rahman adalah berarti Yang Maha Pemurah, Nama ini menunjukkan pada rahmat (kemurahan) Allah swt. Ar-Rahman adalah sifat pengagungan dari rahmat Allah swt, seperti halnya Ar-rahim. Nama Allah ini termasuk nama yang paling banyak disebut di dalam Alquran, karena rahmat-Nya memang meliputi seluruh makhluk-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengkhususkan Ar-Rahman hanya untuk diri-Nya sendiri tidak untuk lainnya, Sehingga tidak seorang pun yang diberi nama / dinisbatkan "Ar-rahman" selain Allah swt.Rasulullah saw bersabda,"Sesungguhnya Allah mempunyai seratus rahmat, satu diantaranya dibagi di antara jin, manusia, dan hewan. Dengan rahmat yang satu inilah mereka saling mengasihi dan menyayangi, dan dengan rahmat inilah hewan menyayangi anak-anaknya."
vKatakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu." (QS Al Israa' : 110).
Barangsiapa yang melazimkan berdzikir kepada Allah swt dengan menggunakan nama ini (Ar-rahman) maka dia memiliki hati yang lembut,dan senantiasa berada dalam keridhoan Allah swt dan setiap orang yang memandangnya pasti orang itu akan merasa sayang dan dia senantiasa berada dalam kenikmatan. Allah swt akan selalu memandang kepada orang yang melazimkan berdzikir dengan nama ini, dengan pandangan rahmt dan merahmatinya dalam semua keadaan.Ar-rahman merupakan salah satu dari ismul a'zham (nama Allah yang terbaik) dikarenakan karena kekuatan ijabahnya yang luar biasa.
Telah diriwayatkan oleh Nabi Khaidir a.s. bahwa Dia berkata," Barangsiapa yang selesai mengerjakan shalat asar pada hari Jum'at, lalu dia menghadap Kiblat seraya berdoa, Ya Rahman (Wahai Tuhan yang Maha Pemurah), sampai terbenam matahari, lalu dia memohon sesuatu kepada Allah swt, Niscaya Allah swt akan mengabulkan permohonannya."

Dari berbagai sumber
Jakarta, 8 Mei 2013
Image : deviantart.net/ar_rahman_by_charches-d4oau3d.jpg

Comments

Popular posts from this blog

Mimpi bertemu Waliyullah (Tanya Jawab)

ASMA ROSUL NUR MUHAMMAD SAW...

Doa Tolak Bala/Santet...