Seri Asmaul Husna : Al-Quddus


Penulis : Achmad Ginanto

AlQuddus

 Assalamualaikum wr.wb.

Pada seri tulisan tentang asmaul husna ini, sampailah kita kepada sebuah nama yaitu Al-Quddus, Yang Maha Suci, kata ini bermakna ath-thuhruh atau suci. Dan Al-Quddus adalah At-thahir yang berarti Yang Suci, al-Munazzah yang berarti Yang Bersih dan juga hadhirah al quds yang berarti adalah tempat kesucian yang berada di dunia.
Allah swt adalah dzat yang maha suci dari segala kelemahan yang melekat pada diri seorang hamba, Dia Maha suci dan kesuciannya adalah abadi tidak tersentuh oleh apapun yang bersifat kotor. Dia, Al-Quddus, Maha suci dari segala sifat yang dinisbatkan kepada seorang hamba, terus menerus terpuji di dalam kesucianNya. Dia, al-Quddus, Maha Suci dari campur tangan makhluk di dalam setiap keputusanNya.

“Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Al Jumuah :1)
“Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS Al Hasyr:23)

Sungguh Dia terbebas dari segala apa yang mempersekutukan-Nya, qul huwallahu ahad…Dia Maha Suci DzatNya, sifat, dan tindakanNya. Karena apapun itu jika masih menyerupai makhluk, baik dzat, sifat maupun tindakannya, maka ia tidaklah pantas disebut Tuhan.
Ulama Irfan menyatakan bahwa barangsiapa yang banyak berdzikir dengan menyebut nama Allah yang agung ini maka fainsyaallah, Dia akan menghilangkan darinya segala syahwat yang tercela dan dia akan dicintai oleh orang banyak karena akhlaknya yang baik mengikuti kesucian nama ini (Al-Quddus).

Wallahualam
Achmad Ginanto
Jakarta 27 Mei 2013

Dari berbagai sumber
Image from www.arabespanol.org

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mimpi bertemu Waliyullah (Tanya Jawab)

ASMA ROSUL NUR MUHAMMAD SAW...

Doa Tolak Bala/Santet...