Seri Asmaul Husna : Huwa

Bismillahirohmanirrohim
Assalamualaikum wr.wb.

kita pasti sudah sering mendengar apa itu Asmaul husna,nama-nama Allah yg terbaik, apalagi bagi para pelakon jalan spiritual islam. Asma'ullah al husna ini memang sudah sangat terkenal dan berjumlah sembilan puluh sembilan sebagaimana hadist rasulullah saw ," sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama, barangsiapa yang menghitungnya,pasti dia akan masuk surga." Tentunya yang dimaksud dengan menghitung di dalam hadist tersebut adalah berdzikir dengannya,memahami dan mengetahui maknanya serta berakhlak dengan ke sembilan puluh sembilan nama Allah yang terbaik itu, di dalam kehidupan kita sehari-hari, sebagaimana Rasulullah memerintahkan kita untuk meniru akhlaq Allah swt dalam sebuah hadistnya.

Asmaul Husna ini terbagi dalam lima bagian yaitu :

1. Asma' adz-dzat (Nama-nama Dzat)
2. Asma' ash-Shifat (Nama-nama Sifat)


3. Asma' al-aushaf (Nama-nama Penyifatan)
4. Asma' al-akhlaq (Nama-nama Akhlaq)
5. Asma' al-af' 'al (Nama-nama perbuatan)

Setiap nama memiliki keistimewaan dan rahasia tertentu, ada juga nama-nama Allah yang memiliki keistimewaan berdasarkan kekuatan ijabahnya (dikabulkannya doa dengan nama Allah tersebut) yg lebih dikenal dengan istilah Ismul Al-A'zham.

Marilah sekilas kita melihat nama pertama dari ke sembilan puluh sembilan nama Allah yang penuh dengan keberkahan ini, Huwa, yang berarti kata ganti orang ketiga (ghaib).Nama ini termasuk ke dalam kelompok nama Allah yang paling khusus, karena keghaiban yang hakiki hanyalah bagi-Nya, karena Dia tidak dapat digambarkan oleh akal dan tidak dapat dibatasi oleh angan-angan. Huwa adalah nama bagi dzat (Allah) dengan kedudukannya sebagai pencakupan dzat-Nya dan membebaskan-Nya dari seluruh batasan dan sifat, dia adalah pembuka, kedudukannya seperti alif pada huruf.

Banyak ulama yang mengatakan bahwa Huwa adalah nama allah yang agung dan termasuk ke dalam ismul a'zham (nama Allah yang Agung). Barangsiapa yang melazimkan berdzikir dengannya maka tidak akan terlintas di dalam hatinya selain Allah swt dan Allah akan membukakan baginya sebuah pintu al-kasyf (penyingkapan tabir keghaiban) seusai dengan potensi si pelaku dzikir. Huwa adalah nama yang agung dan dikhususkan bagi orang-orang yang menuhankan Allah swt.

Mungkin hanya ini yang bisa saya tulis berkaitan dengan nama pertama di dalam asma 'ullah al-husna, selanjutnya satu per satu dari asma 'ullah al-husna akan saya tulis di artikel selanjutnya.

Wallahu alam
Wassalamualaikum wr. wb.
Jakarta, 30 April 2013










Comments

  1. [...] oleh al bari dan  bermakna as sayyid, Yang memiliki kekuasaan. Silahkan membaca seri asmaul husna pertama di sini. Nama ini pula merupakan ismul jami’ (nama yang komprehensif,menyeluruh dan lengkap) dan juga [...]

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mimpi bertemu Waliyullah (Tanya Jawab)

ASMA ROSUL NUR MUHAMMAD SAW...

Doa Tolak Bala/Santet...