Maulid Nabi : Perbanyak Shalawat Kepada Nabi

Asssalamualaikum
Bulan Rabi'ul Awwal adalah bulan kelahiran Nabi Besar Pemuka Alam Muhammad saw, sebagian besar umat Islam berharap keberkahan dan kemuliaan bershalawat kepada Beliau. Seperti sebagian besar umat Islam di dunia, Umat islam di Indonesia ikut menyelengarakan Maulid Nabi. Tokoh yg paling pertama menyelenggarakan maulid adalah Al Malik Al-Muzhaffar Abu Said, seorang pejabat di Kota Irbil di wilayah Moushul Irak.


Pada Maulid ini Beliau memerintahkan Al Hafizh Ibnu Dahiya utk menuliskan kisah maulid Nabi Muhammad saw, yg dikenal dengan nama At-tanwir fi mawlid as siraj al munir, yg merupakan kisah kelahiran dan perjalanan hidup Nabi saw yg pertama kali. Sebagaimana kita ketahui, bahwa kita dianjurkan untuk memperbanyak shalawat kepada Nabi saw, apalagi ketika kita berada di dalam bulan rabiul awal yg merupakan bulan kelahiran nabi saw. Innallaha wa malaikatihi yu sholuuna alannabi...





Mengherankan, masih ada saja di kalangan umat Islam sendiri yg masih menyangsikan fadhilah shalawat kepada Nabi saw, bahkan ada yang murtad karena merasa aneh dan bingung dengan adanya perkara shalawat nabi. Berikut ini saya kutip beberapa keutamaan dan faedah dari shalawat nabi yg disebutkan oleh para ulama khususnya al imam Ibnul Qayyim dan Imam Ibnu Hajar seperti yg ditulis oleh As sayid Muhammad bin Alwi al makki al maliki dlm kitab Al Faraj.

1. Melaksanakan perintah Allah SWT.
2. Sesuainya perbuatan kita dgn perbuatan Allah SWT, karena Allah SWT bershalawat kepada Rasulullah saw, walaupun shalawat kita berbeda dengan shalawat-Nya. Shalawat kita adalah doa dan permohonan sedangkan shalawat Allah SWT adalah pemberian rahmat,pujian dan pemuliaan.

3. Kesesuaian perbuatan kita dengan para malaikat Allah SWT.

4. Memperoleh sepuluh shalawat dari Allah SWT dgn bershalawat satu kali kepada Nabi saw.

5. Diangkat derajatnya sepuluh derajat dan mendatangkan keberkahan amal dan umur.

6. Dihapuskannya sepuluh keburukan dan menghilangkan watak yg kasar.

7. Merupakan sebab dipenuhinya hajat dan menjadi sebab dihilangkan segala kefakiran..

8. menjadikan sebab dari kedekatan seorang hamba dengan Rasulullah saw. pada hari kiamat dan sebab dari tercurahnya cinta Rasulullah saw kepada seorang hamba..

9. mengandung kalimat dzikrullah,syukur dan makrifat serta memenuhi minimal dari yg sangat minim atas hak Allah SWT.

10. Menjadi cahaya di alam kubur danmemperberat timbangan kebajikan pada hari kiamat,melintas di telaga Rasul SAW dan selamat dari kehausan di hari kiamat.

Ada beberapa macam shalawat yg beredar di dunia islam selain yg tentunya di ajarkan oleh nabi saw. Berikut ini saya tuliskan beberapa shalawat beserta fadhilahnya :

1. Shalawat Muhammadiyah

Allahumma Shalli 'ala Muhammadin abdika wa rasulika wa shalli 'alal-mu'minina wal mu'minati wal muslimina wal muslimat.

Ya Allah berilah rahmat kepada NAbi Muhammad,hamba-Mu dan rasul-Mu dan berilah rahmat kepada segenap orang mukmin serta kaum muslimin, laki-laki dan perempuan.
Imam Asy-Sya'arani berkata," Rasulullah saw bersabda, Siapa saja seorang mulim yg tidak dapat bersedekah,hendaklah ia mengucapkan shalawat ini. Karena sesungguhnya shalawat ini adalah zakat, dan tidaklah seorang mukmin akan merasa puas terhadap kebaikan sampai penghabisannya adalah surga." sanadnya berasal dari Abu Said Al Khudriy ra.

2. Shalawat Muhammadiyah 2

Allahumma shalli 'ala Muhammad

Ya Allah berilah rahmat kepada Nabi Muhammad
Imam Asy Sya'arani, berkata,"Rasulullah saw bersabda,"Barangsiapa mengucapkan shalawat ini, ia telah membuka tujuhpuluh pintu rahmat bagi dirinya dan Allah menanamkan rasa sayang kepadanya di hati manusia, sehingga tak seorangpun membencinya selain orang yg di hatinya terdapat kemunafikan."

3. Shalawat Alfiyah
Allahumma shalli ala sayyidina muhammadin ha ir-rahmahwa mimil-mulk wa dalid-dawamis sayyidil-kamilil-fatihil-khatim, adadama fi ilmika. Ka-inun aw qad kana kullama dzakaraka wa dzakarohudz dzakiruna wa ghafala an dzikrika wadzikrihil ghafilun shalatan da imatan bidawamika baqiyatan bibaqa-ika la muntaha laha duna ilmika, innaka ala kulli syay-in qadir.


Ya Allah, berilah shalawat kepada junjungan kami, Muhammad, ha-nya rahmat, mim-nya al-mulk (singgasana) dan dal-nya dawam (keabadian), junjungan yg sempurna, pembuka dan penutupdengan bilangan apa yg ada pada ilmu-Mu, baik yg akan ada maupun yg sudah ada. Setiap kali orang yg selalu ingat mengingat-Mu dan mengingat Rasul-Mu dan setiap kali orang yg lalai melalaikan-Mu dan melalaikan rasul-Mu. Shalawat yg abadi dengan keabadian-Mu, shalawat yang kekal dengan kekekalan-Mu, yg tiada batas di hadapan ilmu-Mu, Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ini adalah shalawat untuk seribu kebaikan.

4. Shalawat Munjiyah
Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin shalatan tunjiina biha min jami'il ahwali wal afati wa taqdhi lana biha jami 'al hajati wa tuthahhiruna biha min jami'is-sayyi-ati wa tarfauna biha 'indaka a'lad-darajati wa tuballighuna biha aqshal-ghayati min jami'il khayrati fil hayati wa ba'dal-mamati.


Ya Allah berilah shalawat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, shalawat yg dengannya engkau selamatkan kami dari segala huru hara dan bencana. Engkau penuhi semua hajat kami, Engkau angkat kami ke atas derajat yg paling tinggi di sisi-Mu, dan Engkau sampaikan kami kepada tujuan yg paling tinggi dari semua kebaikan dalam hidup dan setelah kematian kami.


Dinukil dalam kitab syarh ad-dalail dari Hasan bin Ali Al Asnawi, ia berkata,"Barangsiapa mengucapkan shalawat ini pada setiap mengharapkan hajat atau menghadapi ujian,sebanyak 1000 kali, niscaya Allah SWT memberinya jalan keluar dan mengabulkan permohonannya."


Sebagian ulama berkata Shalawat Munjiah ini merupakan simpanan dari simpanan-simpanan arsy.Barangsiapa mengucapkan seribu kali di pertengahan malam utk suatu hajat, baik hajat dunia maupun hajat akhirat, niscaya Allah akan mengabulkan hajatnya. Sesungguhnya shalawat ini adalah sarana yg paling cepat utk dikabulkannya hajat ,melebihi cepatnya kilat yg menyambar,obat yg mujarab dan penawar yg ampuh, sehingga harus dirahasiakan dan dihindarkan dari orang yg bukan ahlinya, penjelasan ini terdapat dalam sirr al asrar fi kasy al anwar karya Al Imam Al Ghazali.

5. Shalawat Kamaliyah dan Shalawat Nurul Anwar
Allahumma shalli wa sallim wa barik ala sayyidina wa mawlana Muhammadin syajaratil-ashlin-nuraniyyah wa lam 'atil qabdhatir-rahmaniyyah wa afdhalil-khaliqatil-insaniyyah wa asyrafish-shuratil-jismaniyyahwa ma'dinil-asrarir-rabbaniyahwa khaza -inil-ishthifa-iyyah shahibil-qabdhatil-ashliyyah wal bahjatis-saniyyahwar-rutbatil 'aliyyah manindarajatin-nabiyyuna tahta liwa-infahumminhu wa ilayh,wa shalli wa sallim wa barik 'alayhi wa 'ala alihi wa shahbihi 'adada ma khalaqta wa razaqta wa ammata wa ahyayta ila yawmi tab'atsu man afnayta wa sallim tasliman katsira wal-hamdu lillahi rabbil-alamin


Ya Allah, berilah rahmat dan kesejahteraan serta keberkahan kepada junjungan dan penghulu kami,Nabi Muhammad, asal pohon cahaya, pusat rahasia ketuhanan, khazanah ilmu-ilmu pilihan,pemilik kekuasaan sesungguhnya,pemilik rupa nan agung dan kedudukan yang tinggi, seorang yang para nabi berada di bawah benderanya karena mereka bagian darinya dan kepadanya pula menggabungkan diri. Berikanlah rahmat,kesejahteraan,dan keberkahan,kepadanya, keluarganya,dan para sahabatnya,dengan bilangan apa-apa yang Engkau ciptakan, Engkau karuniai rizqi, Engkau matikan dan hidupkan sampai hari ketika Engkau bangkitkan siapapun yg Engkau fanakan, dan berilah salam dengan salam yang banyak. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.


Shalawat ini berasal dari Imam Sayyid Ahmad Al Badawi, Imam Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Mufti Mahdzab Syafi'i di Makkah dalam majmu'ahnya mengatakan shalawat kamaliyah ini merupakan sebab memperoleh cahaya dan tersingkapnya berbagai rahasia ketuhanan dan merupakan sebab terbesar untuk dapat bertemu dengan Nabi Muhammad saw.

Allahumma shalli ala nuril anwar wa sirril ashrar wa tiryaqil aghyar wa miftahi babil yasar sayyidina Muhammadinil mukhtar wa alihil athhar wa ashhabihil akhyar adada ni'amillahi wa ifdhalih.
Ya Allah, berilah rahmat kepada cahaya berbagai cahaya, rahasia berbagai rahasia, pencegah kebathilan, kunci pintu kemudahan, junjungan kami, Nabi Muhammad, hamba pilihan, dengan bilangan karunia-karunia Allah dan kemurahan-Nya.


Imam Sayyid Ahmad Zaini Dahlan mengatakan bahwa banyak ulama ahli ma'rifah yang menyatakan bahwa shalawat ini sangat mujarab untuk memohon berbagai hajat,menolak bala,mendapatkan cahaya dan rahasia rabbaniyyah dan bahkan utk berbagai kepentingan. Adapun bilangan utk mengamalkannya adalah seratus kali dlm sehari.


Demikianlah beberapa shalawat yg dapat kami tuliskan, mungkin ada sedikit perselisihan di antara kaum muslimin berkaitan dengan beberapa shalawat di atas, shalawat ini selalu di dawamkan oleh para penganut mahzab syafi'i bahkan oleh mahzab lainnya. Bagi saudara yg membidahkan sebagian shalawat di atas anggap saja ini sebagai bahan pengetahuan saja, saya tidak ingin membuka ruang perdebatan di sini.


Saya pernah mendengar Guru ngaji mengatakan, "ngaku umat nabi tapi kok gak pernah bacain alfatehah buat beliau, gimana itu, sombong, gak tahu bersyukur!"  Jangan merasa cukup dengan membaca shalawat karena fadhilah membacakan atau menghadiahi bacaan alquran kepada seseorang itu juga sangat besar. Oleh karena itu sebelum membaca alquran, saya selalu membiasakan menghadiahi alfatehah kepada Rasul SAW, keluarganya,sahabatnya, para guru dan orang tua, sebagai rasa syukur karena beliau-beliau lah kita dapat mengenal Islam dan kitab suci alquran. Sekali lagi saya tidak ingin membuka ruang perdebatan bagi masalah shalawat dan hadiah fatehah ini, kita jalani sesuai dgn keyakinan kita saja. Bila terdapat kesalahan dalam tulisan ini mohon ampun saya kepada Allah SWT dan mohon maaf saya kepada pembaca sekalian.
baca juga: Maulid antara harapan dan kenyataan di sini
Billahi taufiq wal hidayah wassalamuallaikum wr wb.

Daftar Pustaka :
- Alkisah edisi 03/2010
- Alquran terjemah aljumanatul ali
- Terjemah riyyadussholihin, Al Imam Nawawi

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mimpi bertemu Waliyullah (Tanya Jawab)

ASMA ROSUL NUR MUHAMMAD SAW...

Doa Tolak Bala/Santet...